Wednesday 30 May 2018

Sarang Lebah Sangat Berharga



Kenapa harga madu sarang lebih mahal dari madu dalam botol?


Pertanyaan itu kerap muncul pada pelanggan yang membeli madu di peternakan.

Sekilas harga madu pada sarang seharusnya lebih murah karena peternak tidak repot-repot mengambilnya.
Peternak tidak perlu melakukan apapun, sarang tinggal dipotong dan langsung dijual.

Lantas benarkah demikian adanya? pertanyaan ini dijawab oleh salah satu peternak lebah yang berada di Kabupaten Kebumen.
Tepatnya di Desa Kebulusan RT 1 RW 1 Kecamatan Pejagoan Kebumen. Rabu (30/5/2018) pemilik Peternakan Lebah Pituduh menjelaskan tentang hal tersebut.

Secara sekilas, pandangan bahwa madu sarang lebih murah memang terlihat cukup logis. Namun sejumlah faktor menjadi penyebab mengapa harga madu sarang lebih mahal dari harga madu yang telah dikemas.

Dijelaskan, produksi sisir lilin atau sarang lebah adalah energi yang mahal untuk lebah. Lebah perlu makan yang banyak berupa madu untuk dapat menghasilan lilin. Bahkan ditaksir untuk dapat menciptakan 1 kilogram lilin lebah diperlukan sekitar 6 kilogram madu.

Dengan demikian saat lebah sedang memproduksi sarang, maka produksi madu akan menurun.

Baca Juga :
- Petunjuk Membuat Kotak Lebah Madu
- Lebah Peluang Kerap Terabaikan
- Berburu Lebah Hutan

Jika madu diambil menggunakan ekstraktor, maka sisiran sarang tidak akan rusak. Dengan demikian energi lebah hanya akan digunakan untuk mengisi sisiran sarang dengan madu, bukan membuat sisiran kembali.

Sebaliknya jika sisiran diambil dan turut dijual, maka lebah harus membangun dari awal.

Dengan demikian sisiran sarang lebah sebenarnya sangat berharga dan mahal. Adanya hal tersebut membuat harga madu sarang lebih mahal bila dibandingkan dengan madu yang telah dipanen.

Selain itu pembeli madu sarang umumnya mensyaratkan sarang muda.  Alasannya sarang ini lebih lunak, karena madu sarang dikonsumsi dengan cara menguyah sarang lebah. Sedangkan sarang lebah yang sudah lama kondisinya sangat keras sehingga tidak lagi dapat dikunyah.

Padahal oleh para peternak, sarang muda sebenarnya sangat berharga, sebab sarang tersebut dapat digunakann setidaknya dalam waktu satu tahun. Adanya peremajaan sarang lebah dilaksanakan dengan bertahap, yakni dimulai dengan cara satu persatu. (fik)

Petunjuk Untuk Menuju ke Peternakan Lebah Madu Pituduh :


EmoticonEmoticon